AtjehEkonomiG-WarmingNasionalNewsOpiniPolitik & Hukum

Kapolres Sabang Hadiri Upacara Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut 2024

×

Kapolres Sabang Hadiri Upacara Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut 2024

Sebarkan artikel ini

Sabang — Kapolres Sabang AKBP Erwan menghadiri upacara kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 yang dipusatkan di Kantor Wali Kota Sabang, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Selasa, 27 Agustus 2024.

Sekadar diketahui, kirab api PON tersebut resmi bergulir mulai dari Tugu Sabang Merauke, Kota Sabang pada Selasa, 27 Agustus 2024. Api yang diambil dari Gunung Merapi Jaboi itu akan melintasi 23 kabupaten kota di Aceh.

Dengan semangat yang berkobar, tim pelari kirab api akan membawa obor secara estafet ke kabupaten kota se-Aceh. Jadwal kirab api ini mulai 27 Agustus—6 September 2024, dengan start point dari Kota Sabang—titik pengambilan dan pelepasan kirab api PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Pj Wali Kota Sabang Andri Nourman mengatakan, rangkaian kirab api dimulai dengan prosesi pengambilan belerang di Gunung Merapi Jaboi. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pembakaran belerang pada lentera api PON.

Selanjutnya, dilakukan upacara penyerahan obor kepada tim pelari kirab api PON untuk dibawa menuju ke checkpoint keberangkatan pangkalan TNI AL Sabang. Kemudian, menuju Banda Aceh dan menyerahkan obor api PON secara estafet ke Aceh Jaya.

“Ini merupakan sejarah bagi Aceh menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Alhamdulillah kirab api PON sudah mulai bergulir. Semoga berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Andri Nourman.

Sementara itu, Kapolres Sabang AKBP Erwan menyampaikan, pihaknya sudah siap untuk mengamankan seluruh rangkaian PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024. Ia juga mengatakan, seluruh kesiapan venue, khususnya di Sabang sudah mendekati 100 persen.

Venue tersebut, kata dia, di antaranya aeromodelling di Lanud Maimun Saleh dan di Lapangan Sabang-Merauke, venue korfball di GOR Merah Putih, serta venue selam di Dermaga CT-1 BPKS.

“Ada empat venue untuk tiga cabor yang dipertandingkan di Kota Sabang, sejauh ini kesiapan sudah mendekati 100 persen semua. Kami dari kepolisian juga sudah siap untuk melaksanakan pengaman,” kata Erwan, usai upacara kirab api PON.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *