AtjehNews

Kopi Sanger Aceh Memikat Wakil Dubes Rusia

×

Kopi Sanger Aceh Memikat Wakil Dubes Rusia

Sebarkan artikel ini
dubes rusia

Kue khas Aceh terhidang dengan rapi terdapat juga kopi sanger yang masih mengeluarkan asap halus seolah mendesak Veronika untuk segera menyeruputnya. Veronika Novoselteva, Wakil Dubes Rusia untuk Indonesia.

Wakil Dubes Rusia untuk Indonesia, Veronika Novoseltseva.
Wakil Dubes Rusia untuk Indonesia, Veronika Novoseltseva. Foto: Suparta/acehkini

Veronika sangat menyukai kopi sanger yang dibuat dengan sedikit susu dan sedikit gula atau biasa disebut dengan sanger. “Saya sangat suka kopi Aceh. Tapi disini (Aceh) saya sering minum sanger. Saya juga suka dengan rasanya,” katanya dalam jamuan lawatannya ke Aceh (21/8/2022).

Usai memimun sanger, Veronika mencicipi kue timphan untuk pertama kalinya. “Yang ini baru saya makan disini, enak juga.” Timphan adalah salah satu kue tradisional Aceh yang berbahan utama campuran tepung ketan, kelapa dan gula, kemudian dikukus berbalut daun pisang.

Veronika mencicipi timphan, kuliner khas Aceh. Foto: Suparta/acehkini

Agenda utama Veronika mengunjungi Aceh adalah membalas kunjungan Wali Nanggroe Aceh, Tgk Malik Mahmud Al-Haythar yang datang berkunjung ke Kedutaan Besar Rusia di Jakarta beberapa waktu lalu. Selain itu, Dia juga bersilaturrahmi dengan Pj. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

Veronika merasa nyaman berada di Aceh. “Ini kunjungan pertama saya ke Aceh. Saya suka disini, udaranya bangus dan sangat aman,” katanya dalam Bahasa Indonesia yang fasih.

Veronika mencicipi timphan, kuliner khas Aceh. Foto: Suparta/acehkini.

Sebelum datang ke Aceh, iya sempat membaca sejumlah pemberitaan terkait kondisi keamanan di Aceh. Dia mengira Aceh masih menerapkan hukum secara konservatif karena baru selesai konflik.

“Sebelum ke sini (Aceh) saya sudah mempersiapkan celana, baju (longgar) juga selendang. Tapi begitu tiba di Aceh, saya meliha Aceh sangat aman, dan penuh toleransi” tambahnya. Veronika juga mengatakan akan mempromosikan Aceh ke negaranya, Rusia. “Kondisi ini akan saya promosikan nanti ke negara saya,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *